Kamis, 27 Oktober 2011

Pesta Pernikahan outdoor ? Siapa takut ....

| Kamis, 27 Oktober 2011 | 4 komentar

Pesta pernikahan di dalam sebuah ruangan sih biasa. Namun bagaimana jika Anda tidak ingin melangsungkan pesta pernikahan yang biasa? Bagaimana jika melangsungkan resepsi pernikahan saja? Menentukan Dekorasi Pernikahan di luar ruangan memang agak rumit dan memerlukan banyak pertimbangan seperti cuaca, pencahayaan, tata suara dll. Namun, jika sukses, bukan saja hati Anda lega, melihat wajah para tamu yang bahagia sudah merupakan ungkapan tulus yang menghargai upaya dan pengorbanan Anda menyiapkan pesta.

Berikut tips dan trik Dekorasi Outdoor, Suasana Pesta Pernikahan :

Mulailah persiapan sejak dini. Jika Anda ingin mengundang banyak orang dan melangsungkan pernikahan yang mewah, maka Anda harus mulai melakukan persiapan sejak dini. Banyak hal yang mesti dilakukan. Memotong rumput yang sudah gundul, mempercantik taman Anda dengan menanam bunga-bunga aneka warna sejak awal, agar keindahan bunga yang bermekaran dapat terlihat tepat di hari-H. Jangan lupa! Sediakan pula satu tempat khusus yang bisa digunakan untuk berfoto. Awas serangga! Serangga adalah adalah salah satu masalah utama Anda dalam menyelenggarakan pesta outdoor. Jangan sampai tamu-tamu Anda menderita karenanya. Hubungi petugas penyemprot serangga dan lakukan penanggulangan dengan segera! Karena jika Anda melakukannya dekat saat hari-H, maka ada kemungkinan racun serangga masih 'bersarang' disitu. Jangan lupa pastikan tidak ada dekorasi yang melibatkan air tergenang seperti pancuran, wadah tanaman hias air, dll. Karena disitulah biasanya nyamuk-nyamuk bersarang. Sediakan steker untuk perlengkapan listrik. Pastikan ada tempat colokan listrik untuk lampu, microphone, speaker, DJ dll.

Walaupun pesta dilakukan dengan konsep outdoor party, listrik tetap menjadi faktor dalam dekorasi pernikahan yang penting. Seminggu sebelum hari-H. Gantungkan hiasan-hiasan di pohon Anda, jangan lupa lampu berwarna-warninya. Nikmati pantulan matahari terbenam di lampu-lampu tersebut yang menciptakan suasana romantis-magis. Anda serasa melangsungkan upacara dan resepsi pernikahan di negeri dongeng. Untaian lampu dapat digantung di dahan dan pohon-pohon. Pastikan kabelnya jangan sampai membuat para undangan terpeleset. Sehari sebelum hari-H. Simpan dulu bunga-bungaan dekorasi pernikahan di dalam ruangan. Baru keluarkan menjelang sore agar jangan cepat layu. Penataan dekorasi di meja tamu sebaiknya diletakkan di tempat yang tidak terlalu berangin, agar jangan sampai terbang. Untuk berjaga-jaga jika hujan turun, panggil pawang hujan dan sediakan handuk dalam jumlah banyak yang bisa digunakan untuk mengeringkan tempat duduk para tamu.


Selamat Menikah ,,,

Readmore..

Rabu, 26 Oktober 2011

Ngaras dan Siraman tradisi pernikahan adat sunda

| Rabu, 26 Oktober 2011 | 1 komentar

Siraman pernikahan adat sundaPada pernikahan adat Sunda, selain Nendeun Omong, Ngeuyeuk seureuh dan ritual lainnya, dikenal juga Ngaras dan Siraman. Ngebakan atau siraman ini bertujuan untuk memandikan calon mempelai wanita agar bersih lahir dan bathin sebelum proses pernikahan.


Acara berlangsung pagi atau siang hari di kediaman calon mempelai wanita. Bagi umat muslim, sebelum dimulai acara siraman terlebih dahulu diawali oleh pengajian atau rasulan dan pembacaan doa khusus kepada calon mempelai wanita.
Berikut ini beberapa Prosesi acara yang tercakup dalam siraman adalah sebagai berikut :

  • Ngecagkeun Aisan
Dimulai dengan calon mempelai wanita keluar dari kamar secara simbolis di gendong oleh Ibu. Sementara ayah calon mempelai wanita berjalan di depan sambil membawa lilin menuju tempat siraman.

  • Ngaras
Berupa permohonan izin calon mempelai wanita kepada kedua orangtua dan dilanjutkan dengan sungkeman serta mencuci kaki orang tua.Perlengkapan untuk prosesi ini cukup sederhana hanya tikar dan handuk.
  • Pencampuran air siraman
Kedua orang tua menuangkan air siraman ke dalam bokor atau mangkuk dan mencampurnya untuk upacara siraman.
  • Siraman
Diawali musik kecapi suling, calon mempelai wanita di bimbing oleh orang tua menuju tempat siraman dengan menginjak 7 helai kain. Siraman dimulai oleh sang Ibu , kemudian Ayah dan disusul oleh para sesepuh. Jumlah penyiram biasanya ganjil..antara 7, 9 atau 11 orang.

Demikian salah satu tradisi pada pernikahan adat Sunda Ngaras dan Siraman. Lain waktu, kami akan memposting tradisi lainnya ya,,, Selamat Menikah


Readmore..

Buat Undangan pernikahan sendiri yuuk,,

| | 2 komentar

Undangan pernikahanSaya rasa pembaca setuju kalau undangan pernikahan sangat penting perannya dalam menentukan berkesan atau tidaknya sebuah pernikahan. Karena undangan pernikahan mencerminkan konsep acara pernikahan itu sendiri. Setuju dong????...


Sekarang banyak sekali tersedia template undangan pernikahan yang sudah siap cetak di tukang cetak undangan. Banyak yang bagus2 dan eksklusif. Dari yang murah sampai yang mahal pun ada. Tetapi jika anda belum sreg dengan desain yang sudah ada pun sekarang ini tukang cetak undangan pun banyak yang menerima cetak undangan sesuai dengan desain yang kita minta.

Bagi Anda dan pasangan anda yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu dengan detail pembuatan undangan pernikahan, maka mengeluarkan uang untuk undangan yang siap dicetak adalah pilihannya. Anda hanya perlu menyediakan rincian, memilih kertas dan desain maka semuanya akan segera beres.

Jika Anda tidak ahli dalam mendesain dengan komputer dan tidak akan terlalu yakin dengan menciptakan undangan pernikahan sendiri maka Anda bisa datang ke seorang desainer. Bekerja dengannya dan utarakan desain yang Anda inginkan maka ia akan membuat desain undangan dalam format PDF di mana Anda dapat mencetak undangan Anda sendiri. Anda akan bebas untuk memilih jenis kertas untuk digunakan pada undangan pernikahan tersebut dan Anda bahkan dapat menambahkan desain yang lucu, manis atau unik yang akan membuatnya lebih menarik. Hal ini tentunya akan mengurangi pengeluaran Anda daripada memilih undangan pernikahan yang sudah siap dibuat di percetakan.
Ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan jika Anda dan pasangan Anda bisa mengambil hari libur kerja untuk duduk berdua dan bekerja membuat undangan pernikahan unik bersamanya.

Asyik kan????

Selamat Mendesain undangan pernikahan ,,,

Readmore..

Selasa, 25 Oktober 2011

Kenapa orang takut menikah ?

| Selasa, 25 Oktober 2011 | 1 komentar



Menikah? Siapa Takut!! He…he… ternyata emang masih banyak koq yang takut menikah. Katanya sih sebagian besar di antaranya adalah para ikhwan. Katanya lho..belom tentu benar. Seringkali muncul pertanyaan dalam pembicaraan para akhwat, “Kenapa sih banyak ikhwan yang udah lulus, udah kerja tapi belum siap nikah, sedikit sekali ya ikhwan yang menyatakan siap nikah” Eit.. tapi ternyata ada juga lho para akhwat yang takut menikah tapi dengan alasan yang berbeda dengan para ikhwan. Sebenarnya kenapa sih mereka takut menikah?


Berikut ini ada kutipan dari majalah Tarbiyah edisi lama yang membahas tentang ini. Ada beberapa hal yang membuat seseorang itu takut mengambil keputusan untuk menikah.

Yang pertama ini lebih kepada problematika mental, artinya ada satu situasi psikologis yang dialami oleh seoran anak muda itu, dia merasa underestimet terhadap dirinya, rasanya baru anak kemarin, masih suka garuk-garuk kepala

Secara psikologis masih ada jiwa kekanak-kanakan ini sebenarnya tidak menjadi masalah selama jiwa kekanak-kanakan itu kemudian tidak mendominasi sikap mentalnya. Kalau sifat ini mendominasi, maka susah untuk mengambil keputusan menikah. Tapi kalau di kalangan ikhwah, insya Allah hal ini terminimalisirlah, karena sering didoktrinkan dalam kajian-kajian oleh murobbinya, misalnya dengan mengatakan ‘Ayolah cepat kamu menikah, masa takut sih untuk menikah” Kalau ini mah biasanya buat para ikhwan, kalau akhwat ga perlu dikomporin kayak gini, sukanya malu-malu kucing

Jadi, ini adalah persoalan mental. Orang merasa takut karena merasa dirinya masih anak-anak. Sedangkan kalau berbicara tentang pernikahan itu dianggap pembicaraaan orang dewasa. Apa sih pembicaraan nikah itu? Pembicaraan tentang nafkah, iih.. sekarang gua jadi suami. Bisa nggak gua?

Karenanya Rasulullah SAW memberikan solusi, ketika orang mengalami kondisi kejiwaan seperti ini, kata Nabi SAW “Wahai para pemuda, bila kalian telah memasukin usia baligh (telah memiliki kematangan seksual), maka menikahlah…” Ini adalah doktrin membangun keberanian. Doktrin ini harus mendarahdaging, harus kuat. Doktrin ini sudah cukup kuat membangun suasana keberanian. Jangan merasakan galau untuk menikah. Karena galau merupakan sikap underestimet terhadap diri kita. Padahal sebenarnya kita mampu untuk melakukannya. Kita harus membangun keberanian.

Kemudian persoalan yang kedua adalah persoalan ekonomi. Persoalan ini juga banyak yang mengganjal seseorang untuk punya keberanian untuk mengambil keputusan menikah. Ada satu yang mengganjal tentang persoalan ekonomi ini. Karena begitu berpikir tentang menikah, perhitungan pertama adalah matematis. Berapa biaya pernikahan? Foto, undangan, isi kamar, KUA, serahan, roti buaya, dsb. Ini adalah cara berpikir kalkulasi, belum lagi ada yang berpikir, “Lu mau menikahi anak orang dengan begitu saja, mau ngasih makan apa anak orang, lu mau kasih makan batu?” Itu sesuatu yang masih kuat di tengah masyarakat. Apalai saat ini biaya ekonomi sangat tinggi. Memang ada benarnya juga bahwa pernikahan itu ada biayanya juga, itu betul. Tapi maksud saya adalah janganlah hal itu begitu menghantui pikiran kita.

Al Qur’an telah menjawab persoalan ini. “Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (An-Nuur:32)

Kendala yang ketiga adalah kendala budaya. Ini serin kita alami juga. Contoh ada seorang akhwat yan memiki kakak yang belum menikah. Padahal sudah ada ikhwan yan taaruf dengan dia. Akhirnya pangeran sudah datan, sudah taaruf, tapi keluarga menahan karena kakaknya belum menikah. Itu adalah sebuah budaya yang terjadi di masyarakat kita. Di samping itu ada lagi masalah suku. Misalnya ada orang Minang harus dengan orang Minang. Atau Jawa dengan Jawa, dsb.

Bila kita sebagai anak muda mengalami hal ini, kita harus membangun komunikasi intensif denan orang tua. Tapi jangan dilakukan pada saat ketika mau taaruf. Harus membangun komunikasi yang intensif jauh-jauh harilah.

Kendala yang terakhir adalah terlalu banyak pilih. Sebenarnya ini boleh-boleh saja. Contoh, saya ingin cari akhwat yang usianya 19-21, fakultas kedokteran, kulit putih, mata jernih, hidung mancun, tinggi 170 cm minimal. Kalau ada yang minta dicariin yang seperti ini, dikasih cermin aja kali ya, ngaca dulu.. Biasanya ini terjadi di ikhwannya. Kalau di akhwatnya, insya Allah mungkin tidak terlalulah. Cukup dengan sholeh, baik, ekonominya sedan-sedang sajam pendidikannya cukup S1, orannya agak gantenglah, dan enak dilihat (Hehe.. Ini sih sama saja). Hal ini sih boleh-boleh saja kita melakukan seleksi berdasarkan pilihan-pilihan itu. Kala Nabi SAW “Muslimah itu dinikahi karena 4 hal, karena ia anak orang kaya, karena nasabnya, karena kecantikannya, karena komitmen agamanya baik, dan Rasulullah menganjurkan “Nikahilah karena komitmen agamanya baik” . Jadi, boleh-boleh saja memiliki sikap seperti ini, tetapi janganlah menjadi sesuatu yang menjadikan kita susah untuk menikah. Jadi,jangan terlalu banyak pilih.

Trus bagaimana kiat-kiat mengatasi kendala-kendala di atas? Bagi yang mengalami kendala dengan orang tua, bangunlah kamunikasi yang efektif dengan orang tua, mencari waktu-waktu atau suasana yang tepat untuk berbicara dengan mereka. Yakinkan mereka bahwa kita sudah siap untuk menikah. Buatlah orang tua yakin bahwa kita sudah mampu menafkahi atau mengurus keluarga. Tunjukkan bahwa kita adalah dewasa dalam segala hal.

Kalaupun yang berkaitan dengan kasus “Tidak boleh menikah, sebelum kakak menikah”, adalah merupakan kasus klasik yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat kita. Ini disebabkan oleh tradisi atau budaya yang hidup di masyarakat. Tetapi ingatlah, tidak ada masalah yang tidak ada penyelesainnya. Dengan kesungguhan berkomunikasi dengan keluarga dan tawakal pada Allah, insya Allah masalah ini akan ada kemudahan.

Menetapkan niat dan bersungguh-sungguh tentunya akan membawa keberhasilan. Jangan takut, maju terus pantang mundur.
Wallahu a’lam


Sumber : http://embuntarbiyah.wordpress.com

Readmore..

Senin, 08 Agustus 2011

TIPS Menghemat pengeluaran biaya pernikahan

| Senin, 08 Agustus 2011 | 1 komentar

TIPS Menghemat pengeluaran proses pernikahanDalam prosesi pernikahan sering terjadi pembengkakan biaya yang tidak kita duga-duga sebelumnya. Hal ini dikarenakan saking banyaknya urusan yang harus diselesaikan oleh calon pengantin dan keruwetannya membuat pernikahan tidak terencana dengan baik terutama dari segi biaya. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa anda jadikan acuan untuk menghemat dan meminimalisir kemungkinan biaya pernikahan yang membengkak.

  1. Membatasi jumlah undangan.
  2. Menggunakan e-mail, telepon atau sms untuk bantuan menyebarkan undangan.
  3. Cukup menyewa baju pengantin ( tidak perlu membuat ).
  4. Menyewa seragam among tamu / buku tamu / pagar ayu ( Tidak membelikan bahan pakaian).
  5. Mengadakan resepsi di rumah.
  6. Untuk makanan, meminta bantuan saudara / tukang masak ( tidak pesan Catering ).
  7. Mengurangi prosesi acara yang dianggap kurang perlu.
  8. Memesan paket perkawinan yang sesuai dengan anggaran.
  9. Meminta bantuan teman dan kerabat untuk menjadi MC dan pengisi hiburan.
  10. Meminjam mobil pengantin dari saudara / teman ( tidak menyewa ).
  11. Kurangi atau hilangkan pos-pos pengeluaran yang tidak perlu.
  12. Kejelasan dalam Perjanjian Kerja ( jika menggunakan Jasa Wedding Organiser ), akan membantu kita mengerti apa yang kita dapat dan berapa biaya yang harus kita keluarkan. Hindari miss komunikasi….
  13. Meminjam Tenda dan Alat Pesta
Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, tentunya segala urusan akan lebih terencana tapi bukan berarti memastikan biaya lebih kecil. Semuanya tergantung yang melaksanakan. Usahakanlah segala sesuatunya sesuai dengan porsinya masing-masing. Selamat menikah ,,, :)

Readmore..

Tips umum persiapan biaya pernikahan

| | 0 komentar

Tips umum persiapan biaya pernikahanSiapapun tau, bahwa pernikahan adalah sebuah momen yang tidak terlupakan, maka diperlukan persiapan biaya pernikahan yang matang sebelum melaksanakannya. Tanpa persiapan biaya pernikahan yang matang, bisa jadi malah acara pernikahan-nya menjadi biasa2 saja atau mungkin berantakan.


Disini, akan dijabarkan beberapa persiapan biaya pernikahan secara umum yang wajib dipersiapkan dari segala segi, mulai dari kesepakatan2, besarnya, penanggungnya dan perencanaannya :
  1. Sebelum memulai segala hal dalam rangka persiapan pernikahan, ada baiknya sepakati mengenai biaya yang akan dikeluarkan. Mulai dari berapa budget total dan siapa yang menanggung.
  2. Jika biaya di tanggung bersama, sepakati juga tanggungan biaya tersebut dibagi dalam bentuk uang atau dalam bentuk pembelanjaan barang, sewa dan jasa. Misalnya, biasanya ditaksir sekitar 50 juta, maka masing2 pihak menanggung 50:50. Atau masing2 pihak memilih mengurusi hal apa yang disanggupinya, misalnya Pria mengurusi yang berkaitan dengan pelaminan dan wanita mengurusi souvenir undangan dan catering.
  3. Jika biaya akan ditanggung dengan pinjaman pihak ketiga, maka harus dilakukan jauh-jauh hari, sehingga tidak kerepotan mempersiapkan segala persyaratannya.
  4. Dalam hal perencanaan pemakaian biaya dalam persiapan perlengkapan pernikahan, lakukan dulu survey barang atau jasa yang akan dipakai. Pilih yang cocok dihati dan sesuai dengan budget yang ada. Jangan emosional dalam memilih. Bijaklah.
  5. Buat catatan di kertas atau komputer semua detail rencana pembelanjaan di atas.
  6. Jangan lupa untuk menyisihkan dana untuk biaya tak terduga.
Demikian beberapa tips persiapan biaya pernikahan. Mudah2an bermanfaat dan pernikahan yang akan anda laksanakan berjalan lancar.

Readmore..

Minggu, 17 Juli 2011

Tips memilih butik pengantin untuk pernikahan

| Minggu, 17 Juli 2011 | 0 komentar

memilih butik pengantinDalam rencana pernikahan di zaman modern seperti sekarang ini, pemilihan baju pengantin yang akan dikenakan pada saat akad atau pesta adalah hal yang sangat penting diperhatikan. Karena itu memilih butik pengantin yang tepat adalah salah satu faktor penentu bagus atau tidaknya baju pengantin yang akan dikenakan. Tepat disini bukan hanya masalah mewah dan glamor saja, tetapi ada faktor lain yang juga menentukan seperti, penyesuaian budget, warna, model yagn sesuai bentuk badan, aksesoris, dll.


Adakalanya ketika kurangnya pengetahuan kita hal fashion, membuat kita salah dalam memilih baju pengantin karena tidak tepat memilih butik pengantin yang secara tidak langsung sebagai konsultan pernikahan itu sendiri. Bukannya jadi bagus, malah harganya mahal, modelnya norak dan tidak sesuai dengan bentuk badan.

So, berikut beberapa tips memilih butik pengantin yang bisa jadi acuan anda :

  1. Searching model yang disukai di Internet
  2. Sebelum mencari butik pengantin, hendaknya anda searching dulu di internet model2 baju pengantin yang anda sukai. Di internet anda bisa menemukan banyak sekali model baju pengantin yang bagus dan unik. Simpan gambar-gambarnya dan kalau bisa di print untuk dibawa ke tempat butik pengantin.
  3. Cari model yang mendekati budget yang anda miliki
  4. Selain model yang banyak bisa ditemukan di internet, biasanya di toko online juga tertera harga dari baju2 pengantin tersebut. Nah, anda sebaiknya cari beberapa model baju pengantin yang paling mendekati budget yang anda miliki. Kalau misalnya anda memiliki budget hanya Rp.1.000.000, pilihlah beberapa model baju pengantin dengan kisaran Rp.800.000 s/d Rp.1.500.000.
  5. Kunjungi minimal 3 butik pengantin
  6. Sebagai bahan perbandingan harga, kunjungi dan tanyakanlah minimal 3 butik pengantin yang anda tahu. Anda bisa bertanya ke teman atau saudara yang sudah pernah menikah dan menggunakan jasa butik pengantin agar dapat referensi lebih baik.
  7. Perhatikan pengalaman dari masing butik pengantin
  8. Pengalaman dari butik pengantin sangat menentukan cocok atau tidaknya baju pengantin yang akan anda kenakan. Jadi pilihlan yang sudah berpengalaman dalam menangani baju pengantin. Anda juga bisa tes pengalamannya dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang tidak umum. Anda juga bisa lihat dari portofolio butik pengantin tersebut. Apakah jahitannya rapih? apakah aksesorinya norak atau tidak?
  9. Perhatikan juga pelayanan dari masing2 butik pengantin
  10. selain pengalaman, pelayanan dari butik pengantin juga sangat menentukan. Pilih butik yang menangani konsumennya dengan senyum, antusias, respect dan selalu memberi solusi. Karena nanti ketika di tengah jalan kita ada perubahan sedikit atau keluhan atau konsultasi kita nyaman berkonsultasi, tidak di cemberuti. Capek dech,,,,
  11. Diskusikan dengan keluarga atau teman
  12. Hal ini juga penting, karena biasanya teman atau keluarga yang mendampingi kita dalam keadaan emosi yang normal dan objektif. Jadi bisa membimbing kita dalam menentukan pilihan.
  13. Jangan menentukan pilihan dengan tergesa-gesa dan emosional
  14. Hati-hati dengan emosi, terkadang jika kita sudah suka terhadap sesuatu, kita suka mengabaikan faktor-faktor lain. Sehingga kejadiannya sering malah tidak cocok di mata orang lain.
Ingat, Baju pengantin anda adalah hal yang paling diperhatikan orang ketika pernikahan, maka bijaklah dalam memilih butik pengantin agar pernikahan anda berjalan sesuai dengan harapan.

Readmore..
 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com