Senin, 08 Agustus 2011

Tips umum persiapan biaya pernikahan

| Senin, 08 Agustus 2011 | 0 komentar

Tips umum persiapan biaya pernikahanSiapapun tau, bahwa pernikahan adalah sebuah momen yang tidak terlupakan, maka diperlukan persiapan biaya pernikahan yang matang sebelum melaksanakannya. Tanpa persiapan biaya pernikahan yang matang, bisa jadi malah acara pernikahan-nya menjadi biasa2 saja atau mungkin berantakan.


Disini, akan dijabarkan beberapa persiapan biaya pernikahan secara umum yang wajib dipersiapkan dari segala segi, mulai dari kesepakatan2, besarnya, penanggungnya dan perencanaannya :
  1. Sebelum memulai segala hal dalam rangka persiapan pernikahan, ada baiknya sepakati mengenai biaya yang akan dikeluarkan. Mulai dari berapa budget total dan siapa yang menanggung.
  2. Jika biaya di tanggung bersama, sepakati juga tanggungan biaya tersebut dibagi dalam bentuk uang atau dalam bentuk pembelanjaan barang, sewa dan jasa. Misalnya, biasanya ditaksir sekitar 50 juta, maka masing2 pihak menanggung 50:50. Atau masing2 pihak memilih mengurusi hal apa yang disanggupinya, misalnya Pria mengurusi yang berkaitan dengan pelaminan dan wanita mengurusi souvenir undangan dan catering.
  3. Jika biaya akan ditanggung dengan pinjaman pihak ketiga, maka harus dilakukan jauh-jauh hari, sehingga tidak kerepotan mempersiapkan segala persyaratannya.
  4. Dalam hal perencanaan pemakaian biaya dalam persiapan perlengkapan pernikahan, lakukan dulu survey barang atau jasa yang akan dipakai. Pilih yang cocok dihati dan sesuai dengan budget yang ada. Jangan emosional dalam memilih. Bijaklah.
  5. Buat catatan di kertas atau komputer semua detail rencana pembelanjaan di atas.
  6. Jangan lupa untuk menyisihkan dana untuk biaya tak terduga.
Demikian beberapa tips persiapan biaya pernikahan. Mudah2an bermanfaat dan pernikahan yang akan anda laksanakan berjalan lancar.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com