Sabtu, 16 Juli 2011

Apa saja keperluan akad nikah

| Sabtu, 16 Juli 2011 | 0 komentar

Keperluan akad nikahMempersiapkan segala keperluan akad nikah dengan benar dan teliti merupakan hal yang paling penting dalam prosesi pernikahan secara keseluruhan. Agar acara akad nikah berjalan lancar tanpa halangan, sebaiknya kita listing segala keperluan akad nikah yang dibutuhkan pada hari H.


Mengapa akad nikah begitu berarti ? karena sebenarnya akad nikah adalah inti dan bersifat wajib dalam pernikahan, selebihnya hanyalah perayaan dari pernikahan saja seperti pesta dan acara adat lainnya. Oleh karena itu akad nikah biasanya dilaksanakan secara cermat dan khidmat karena kesakralannya.

Berikut beberapa keperluan akad nikah yang harus dipersiapkan :

  1. Kebaya akad
  2. Kebaya akad adalah pakaian yang akan dikenakan pengantin wanita pada saat akad nikah. Biasanya kebaya akad ini berwarna putih, mungkin dimaksudkan untuk menggambarkan sucinya prosesi akad nikah. Tetapi seiring perkembangan jaman yang semakin modern, kebaya akad tidak harus putih, ada juga yang memakai warna abu2, krem muda dll sesuai selera.
  3. Jas pengantin pria
  4. Jas pengantin pria di sesuaikan warnanya dengan kebaya akad dari pihak pengantin wanita agar selaras
  5. Kerudung panjang
  6. Pada saat Ijab Qobul pengantin pria dan wanita akan disatukan kepalanya dengan menggunakan kerudung panjang ini. Hal ini sebagai simbolis penyatuan dua insan yang akan terikat dalam jalinan pernikahan.
  7. Emas kawin
  8. Emas kawin adalah salah satu rukun nikah dalam Islam. Biasanya emas kawin ini berupa cincin emas dan sejumlah uang yang diserahkan pihak pengantin pria ke pihak pengantin wanita
  9. Barang seserahan
  10. Seserahan adalah budaya yang sudah sangat melekat di Indonesia. (Budaya seserahan bisa dibaca di sini). Seserahan bukanlah rukun dari nikah, hal ini optional saja. Kalaupun tidak ada seserahan, nikah tetap sah.
  11. Meja kecil
  12. Meja kecil ini akan digunakan untuk prosesi Ijab Qobul yang dipandu oleh penghulu.
  13. Dokumentasi
  14. Karena kesakralannya, sayang sekali kalau prosesi akad nikah ini tidak diabadikan dalam bentuk foto atau video, makanya dokumentasi adalah salah satu keperluan akad nikah yang layak diperhatikan.
  15. Konfirmasi Tempat akad nikah
  16. Biasanya akad nikah dilaksanakan di mesjid, maka penting juga mengkonfirmasi kesiapan mesjid yang akan dipakai untuk prosesi akad nikah
    Demikian beberapa keperluan akad nikah yang harus diperhatikan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com